Selasa, 25 Juni 2013

Virus dan Anti Virus Komputer

Pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas mengenai virus komputer dan anti virus.
pada saat materi di kuliah mengenai virus, dosen saya pernah bercerita tentang sejarah virus dimana dulunya pencipta virus itu membuat suatu game, dimana program ini diciptakan untuk memperbanyak dirinya dan menghancurkan program buatan lawan. Tapi seiring dengan perkembangannya permainan game ini sangat berbahaya. dan akhirnya permainan ini dimanfaatkan sebagaian pihak untuk merusak program lain.
Diberi nama virus karena sifatnya mirip dengan virus penyakit yakni mampu menyebarkan diri dan bersifat merugikan  terhadap apa yang diserangnya.

Apa yang di maksud dengan virus ?
virus adalah program kecil yang menyebar dari satu komputer ke komputer lain, bersifat merusak dan memiliki kemampuan menginfeksi file-file lain.

Mengapa komputer kita bisa terkena virus ?
komputer kita terkena virus karena kebiasaan dari pengguna komputer itu sendiri. Kebiasaan menyambungkan komputer dengan perangkat seperti flashdisk dan harddisk eksternal dari komputer satu ke komputer lain menyebabkan penyebaran virus dengan cepat. kebiasaan lainnya adalah, penggunaan internet, misalnya melakukan download aplikasi free / gratis dapat menyebabkan komputer kita terkena virus dari file yang di download yang biasanya ditumpangi oleh virus masuk ke komputer atau kebiasaan pengguna internet yang suka mengakses situs - situs yang tidak masuk dalam internet positif, misalnya situs judi dan lainnya juga dapat membuat komputer kita terkena virus.
 
Perkembangan virus dari hari ke hari semakin pesat, jumlah virus yang baru semakin banyak dalam perdetiknya yang siap mengancam komputer kita.
kita sebagai pengguna komputer pastinya sangat terganggu dengan adanya virus.
Dari pengalaman saya, tanda- tanda atau ciri-ciri virus sudah menginfeksi komputer, antara lain munculnya folder yang tidak pernah kita buat, komputer yang berjalan lebih lamba, munculnya pesan error atau aneh-aneh, flashdisk yang dihubungkan dengan komputer langsung mengcopy file aneh  dengan sendirinya tanpa kita lakukan copy, perubahan tampilan pada komputer, komputer ter restart sendiri ketika masih sedang berjalan, komputer menjadi hang dan tidak melakukan respon terhadap perintah yang diberikan, flashdisk atau harddisk yang tidak bisa di akses, sering ada kotak dialog error atau rusak, hilangnya beberapa fungsi dasar komputer, komputer sering menghubungkan diri sendiri ke internet tanpa kita suruh dan file - file yang kita simpan dalam komputer hilang begitu saja atau disembunyikan oleh virus.

beberapa cara pencegahan misalnya dengan memasang anti virus perlu dilakukan dalam menjaga komputer kita. tapi tidak menutup kemungkinan komputer kita bebas dari virus.
Anti virus adalah aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi, mengkarantina dan menghapus virus dari komputer
Untuk melakukan tindakan pencegahan, perlu dibutuhkan aplikasi antivirus sebagai tindakan awal kita pada komputer kita.
Saya akan berbagi mengenai kelebihan dan kekurangan anti virus yang saya gunakan saat ini. hal ini tidak dimaksudkan untuk promosi suatu produk tapi hanya sebagai bahan referensi dalam memilih anti virus dan berbagi pengalaman dalam penggunaaan anti virus.
anti virus yang saya gunakan adalan anti virus lokal yaitu S****V

Kelebihan :
- anti virus ini mudah sekali di operasikan
- Bisa menggunakan bahasa indonesia maupun bahasa inggris
- Proses Scanning sangat cepat
- Autoscan flasdisk yang sangat cepat
- Loading Carantine sangat cepat
- Anti virus ini dapat mendeteksi virus lokal maupun luar
- Memiliki versi pro yang 10x lebih cepat
- Theme pada anti virus ini bisa diganti
- File anti virus ini sangatlah kecil sehingga tidak membuat kerja komputer menjadi berat

Kekuranan :
Belum mampu membersihkan virus impor secara tuntas seperti conficker, sality, alman. Hanya mempu mencegahnya menginfeksi komputer.

Demikianlah tulisan saya mengenai virus dan antivirus.  Semoga dapat menjadi bahan referensi bagi pembacanya. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan. penulis meminta maaf dan memohan saran dan komentar yang membangun agar penulisan ke depannya agar lebih baik.
Sekian dan terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar