Sabtu, 30 Maret 2013

Rewards vs Punishmant

Dalam kehidupan kita saat ini, kita mempunyai cara untuk membangun motivasi agar kita lebih bersemangat dalam pekerjaan maupun hal lainnya. Solusi yang tepat untuk itu adalah dengan memberikan penghargaan jika kita melakukan suatu prestasi atau melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Sebaliknya jika kita melakukan pekerjaan kita dengan tidak baik dan prestasi yang buruk maka kita akan mendapatkan hukuman untuk hal itu. Hukuman itu bermaksud untuk memberi motivasi agar kedepannya dapat lebih baik dalam mengerjakan sesuatu.

Penjelasan mengenai Rewads dan Punishment secara umum

Reward bisa berarti penghargaan, hadiah, ganjaran atau imbalan. Dalam konsep manajemen Penghargaan (reward) dapat berarti salah satu alat yang digunakan untuk memberikan motivasi kepada pegawainya.
Metode ini dapat menunjukkan kelakuan dan perbuatan seseorang dengan perasaan bahagia dan senang dan akan membuat seseorang melakukan perbuatan baik berulang-ulang. Reward juga bertuan agar seseorang lebih bersemangat dalam mengerjakan usahanya.
Contoh dari Reward adalah apabila seorang pegawai bekerja dengan baik, patuh pada peraturan yang ada serta dapat menjadi teladan dan contoh bagi karyawan maka hal tersebut dapat diberikan penghargaan misalnya dengan kenaikan gaji atau kenaikan pangkat, hal itu dilakukan agar kedepannya dapat mempertahankan hal tersebut serta lebih baik kedepannya.

Fungsi-fungsi penghargaan yang berperan dalam memberi pembentukan karakter, yang antara lain
- Memberi dan memperkuat motivasi untuk membuat seseorang lebih memacu untuk mengejar dan mencapai prestasi
-  Memberikan tanda bagi seseorang yang memiliki kemampuan lebih.
- bersifat universal, atau untuk segala sesuatunya. Baik di bidang pekerjaan, pendidikan dan lain-lain.

Punishment bisa berarti hukuman atau sanksi. punishment atau hukuman dapat menjadi motivasi apabila diberikan dengan cara yang tepat dan bijak. Tujuan dari metode ini adalah agar membuat orang tidak senang dan tidak lagi melakukan perbuatan jahat.Tapi hal ini kita dapat luruskan ke arah positif dengan cara mendidik dan memperbaiki kearah yang lebih baik.
Contoh dari punishment atau hukuman adalah seorang pelajar yang tidak mengerjakan tugas pekerjaan rumah diberikan hukuman untuk menulis kata sebanyak 1000 kali. dengan hukuman ini diharapkan siswa tersebut menyadari kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi serta membuat siswa ini lebih semangat dalam mengerjakan tugas.

Fungsi-Fungsi Hukuman atau Punishment yang berperan dalam pembentukan perilaku antara lain :
- sifatnya mendidik, agar perbuatan sebelumnya yang tidak baik dapat di ubah ke ara yang lebih baik.
- membatasi tingkah laku. membatasi dalam hal ini agar perbuatan yang sebelumnya tidak terjadi berulang-ulang
- memperkuat motivasi dalam menjaga perilaku

Pilihan Rewards dan Punishment dalam hal menghadapi isu Keamanan Sistem dari Aspek Social

 Dalam hal Keamanan Sistem, dibutuhkan pilihan solusi-solusi dalam upaya menjaga keamanan sistem
dari ancaman kejahatan komputer dan internet oleh pihak yang tidak berwenang. Oleh karena itu salah satu solusi yang di tawarkan adalah dengan penerapan Rewards (Penghargaan) dan juga Punishment (Hukuman) dalam rangka menjaga keamanan sistem.
Reward dalam keamanan sistem adalah aturan yang dibuat oleh perusahaan dalam menjaga keamanan sistem dan ditaati oleh seluruh karyawan maka akan mendapatkan hadiah atau rewards
Punishment dalam keamanan sistem adalah aturan yang dibuat oleh perusahaan dalam menjaga keamanan sistem dan tidak di taati oleh karyawan maka akan mendapatkan punishment atau hukuman.
Penerapan rewards dan punishment bagi karyawan dan pegawai yang berperan dalam penjagaan sistem.
Pendekatan reward ini dapat dilakukan dengan cara memberikan hadiah atau bonus bagi karyawan yang memiliki kemampuan dan terbukti selalu patuh pada mekanisme pengamanan informasi yang telah ditetapkan oleh institusi atau perusahaan. tapi akan dikenakan hukuman atau punishment apabila terbukti melakukan atau lalai dalam menjaga informasi juga tidak patuh terhadap peraturan pengamanan sistem sehingga informasi bocor kepada pihak yang melakukan kesalahan ini maka akan mendapatkan hukuman sesuai peraturan yang berlaku.


Jadi, Jika ingin mendapatkan Rewards, bekerjalah dengan baik, patuh pada aturan maka akan mendapatkan hasil yang setimpal. sedangkan jika melakukan kesalahan-kesalahan dan tidak patuh maka akan mendapatkan hukuman atau punishment.

demikianlah tulisan mengenai Rewards dan Punishment, semoga bermanfaat dan memberikan motivasi.
jika ada kesalahan lakukanlah kritik atau komentar yang membangun agar kedepannya dapat lebih baik.
Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar